21 Sep 2010

Kiat Agar Penjualan Membumbung Tinggi

Inti dari penjualan adalah terjadinya proses transaksi dengan dua faktor utama yaitu : terjadinya penjualan dan pembeli. Pada proses tersebut diharapkan terjadi win-win solution. Dengan keinginan kita untuk selalu membuat para pelanggan puas. Menjadikan kita harus memberikan yang terbaik dalam melayani pelanggan sehingga pelanggan tidak akan berpindah ke lain hati.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan di dalam memberikan pelayanan pelanggan :

1. Anggaplah keluhan pelanggan sebagai kesempatan.
Keuntungan yang terbesar seandai kita telaten mengumpulkan keluhan pelanggan sehingga di hari esok kita membuat sesuatu yang lebih baik dari pada pesaing.

2. Buatlah rencana perbaikan dengan segera
Dengan adanya keluhan membuat kita berinisiatif lebih cepat untuk meningkatkan pelayanan jauh lebih baik.

3. Terapkan prinsip mengalah untuk menang
Tidak ada untungnya bila kita selalu memaksakan keinginan sendiri dalam menerima keluhan sehingga terjadi perdebatan dengan pelanggan, sebaiknya setujuilah hal-hal yang melebihi batas-batas keharusan untuk mendapatkan konsensi yang baik.

4. Jika terjadi perdebatan, ajukan alternatif untuk ditanggapi oleh pelanggan.
Pengajuan alternatif membuat pelanggan dapat memecahkan keluhannya sendiri. Karena perlu kita ketahui setiap keluhan menyimpan alternatif untuk penyelesaian masalah.

Peningkatan penjualan secara otomatis disertai tuntutan terhadap sumber daya manusia. Hal penting dalam menganalisa kegagalan salesman berhubungan langsung dengan kepribadiannya (malas, tidak menepati janji, tidak berambisi, dll). Untuk itu peningkatan semangat kerja mendorong kesempurnaan tehnik dan meningkatnya daya fisik.

1. Membangkitkan ambisi dari setiap individu.
Berdasarkan teori Abraham A Maslow menegaskan bahwa manusia adalah makhluk yang berambisi. Untuk itu teori ini harus diterapkan sebaik mungkin dengan memberikan penghargaan dan aktualisasi diri. Dengan demikian akan tercipta added value .

2. Memperkenalkan system bonus
Perlu diperhatikan bahwa orang bekerja untuk menghasilkan sesuatu bagi dirinya dan keluarga. Pemberian bonus karena orang telah bekerja dengan baik penting artinya guna menjaga kesinambungan penjualan. Bonus dapat diberikan secara perorangan atau kelompok.

3. Memperkenalkan system pembagian hasil
Diperlukan open management yang sangat baik dari setiap manager sehingga para karyawan yang bekerja merasa hasil kerja dan yang diperoleh sebanding.

4. Membuat seseorang menjadi terkenal
Potensi diorbitkan menjadi sosok populer diberikan berdasarkan penjualan atau usahanya yang spektakuler untuk memutarbalikkan keadaan yang impossible menjadi profitable atau bisa dikatakan telah melakukan risk taking yang sukses.

5. Membuat malu karyawan yang melakukan kegagalan
Katsutoshi pengarang buku “Meningkatkan Penjualan 150% Gaya Jepang” mengatakan “Air yang tidak mengalir akan mandeg dan akan menjadi sarang nyamuk.” Merujuk suatu kebiasaan di perusahaan Jepang sebelum memulai aktifitas selain diumumkan yang berprestasi juga diumumkan yang gagal. Sikap fair seperti ini akan memacu tantangan berkompetisi dan sikap tidak rela untuk menanggung malu.

Merajut Alternatif
Ketika tataran teori tidak dapat lagi menjawab permasalahan kadang kita perlu berkaca pada pengalaman orang sukses. Banyak dari mereka melakukan sesuatu yang sangat sederhana , sepele dan keluar dari hal-hal yang bersifat text book bahkan mereka keluar dari angka-angka yang terkadang justru membuat permasalahan menjadi rumit.

Berikut pengalaman-pengalaman perusahaan Jepang di masa perekonomian lesu darah, mereka justru mendongkrak penjualan sampai 150%.
a. Kegemilangan Ide dan Berani Tampil Beda
Perusahaan ATO di Osaka , pertama kali berdiri hanya ada 5 pegawai, 5 tahun sesudahnya sudah memiliki 300 orang dengan nilai transaksi 5500 yen. Kunci keberhasilannya adalah membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa yaitu ATO mengawali bisnisnya dengan menyusun buku telepon, keunikkannya adalah entri data dengan memilah perusahaan berdasarkan kelompok semacam urutan kedudukan sehingga terlihat adanya added value. Hal lain muncul dari sang direktur dengan memperhatikan hal-hal yang sepele seperti : petugas antar harus senantiasa mengganti kaos yang BERSIH sebelum melakukan pekerjaan.

b. Memanfaatkan Momentum
Perusahaan pembangunan perumahaan memanfaatkan momentum suasana perdagangan yang sepi dengan melakukan usaha keras sehingga tetap mendapatkan dukungan para pelanggan. Kunci keberhasilannya terletak pada filosofi perusahaan yang menganggap membangun rumah adalah pekerjaan yang suci untuk melayani pelanggan, masyarakat dan perusahaan sendiri. Kunci keberhasilan lain adalah kesiapan sumber daya manusia.

c. Menjadi Perusahaan yang Kreatif dan Inovatif
SODO Computer Systems melakukan berbagai inovasi untuk tetap bertahan dengan kepungan raksasa elektronik dengan meluncurkan PIPS sebuah perangkat lunak yang dipahami oleh orang awam hanya dalam waktu 10 menit. Sedangkan SODO pun diambil dari akar kata Soft and Hard(o), kata yang dalam bahasa Inggris berarti lunak dan (juga) keras.

Mendongkrak Penjualan
Secara umum peningkatan penjualan membutuhkan implementasi sejumlah langkah. Syarat yang memungkinkan antara lain adalah :
1. Adanya kesadaran seluruh bagian dalam perusahaan untuk mencapai target.
2. Mempunyai rencana jangka panjang yang terstruktur dan diketahui dengan pasti oleh seluruh individu dalam perusahaan.
3. Dimilikinya pemimpin yang memiliki kesadaran yang tinggi untuk meningkatkan penjualan.
4. Adanya kegairahan untuk tidak merasa terikat pada hal yang biasa dan sifatnya rutin.
5. Memanfaatkan momentum yang ada dengan sebaik mungkin.
6. Ramah dan mampu berkomunikasi dengan massa.
7. Bersedia memasuki daerah yang baru dan dianggap memiliki potensi (disini intuisi pemimpin dibutuhkan).
8. Keinginan untuk terus belajar bahkan belajar dengan pesaing.
9. Mengetahui secara baik mutu produk.
10. Menjaga hubungan baik dengan manager, supervisor, marketing dan customer.

Dengan makin besarnya persaingan tentu ada serumpun kiat untuk menyiasati kondisi yang tidak kondusif. Mulailah dari hal yang mungkin dijalankan dan tetap memperhitungkan sumberdaya yang dimiliki. Sekarang saatnya sebelum semuanya terlambat. Ingat, perubahan adalah sesuatu yang harus diupayakan dan bukan sekadar menunggu. (Tulisan disadur dari Manajemen, Maret 2001).

Baiklah, teman-teman semoga tulisan diatas dapat membuka wacana kita, bagaimana kita mendapatkan suatu penjualan yang bagus & signifikan, sehingga hal ini akan mempengaruhi Komisi kita. Apalagi tidak bisa kita pungkiri, pekerjaan seorang penjual yang berhasil, Komisi yang diperolehnya melebihi Gaji Level Manager. Doa saya semoga sukses menyertai kita semua, Amin 3x Ya Rabbal Alamin.

Sukses Untuk Kita yang Mau Berusaha,
Noflinda Eliza, SKM