21 Sep 2010

Kiat Membuat Keputusan Hebat Setiap Saat

Setiap hari, kita membuat sekitar 100 keputusan. Banyak di antaranya termasuk keputusan sederhana seperti makan apa untuk sarapan pagi. Tapi banyak juga yang perlu pemikiran panjang, yang membuat kita bingung dan sama sekali tak bisa memutuskannya. Para ilmuwan telah menemukan, sebagian besar keputusan yang tak bisa kita buat bukan karena keputusan itu sulit. Tapi karena kita tidak tahu, otak belahan mana yang menjadi penunjuk untuk itu.
Scan MRI menujukkan, setiap orang mempunyai belahan otak yang dominan. Jika otak kiri Anda yang dominan, Anda akan mengambil keputusan yang intuitif. Kalau begitu, mestinya tak ada masalah. Hanya saja, sebagian besar dari kita tidak memaksimalkan gaya mengambil keputusan kita yang alamiah. Selain itu, keputusan terbaik dibuat dengan mendapat sedikit input dari otak belahan lain. Anda dominan menggunakan otak bagian mana...? Simak keterangan berikut.

A. Anda adalah Pembuat Keputusan dengan Otak Kiri Jika Anda.
• Senang keteraturan
• Memecah tujuan menjadi langkah-langkah kecil
• Senang dengan deadline
• Senang fokus pada detil-detil dari suatu proyek

Kekuatan Istimewa Anda
Anda jago dalam mengumpulkan informasi dan menganalisanya secara logis. Praktis, berpikir logis dan mental seimbang. Anda tidak membiarkan emosi Anda mempengaruhi Anda ketika Anda mencoba membuat keputusan

Jebakan Terselubung
Anda sering menghabiskan terlalu banyak waktu mencari lebih banyak informasi untuk membantu Anda mendapatkan kesimpulan sempurna, yang akhirnya membuat Anda tidak bahagia karena tidak mendapat resolusi untuk waktu lama. Otak kiri cenderung tidak menghargai perasaan-perasaan mereka sendiri tentang apa yang benar-benar mereka inginkan. Padahal kebutuhan-kebutuhan emosional itu sama pentingnya dengan berpikir keras.

Cara membuat keputusan hebat
Langkah 1 : Lingkari tanggal di kalender sebagai hari membuat keputusan.
Langkah 2 : Susun dan gelar opsi-opsi (pilihan) Anda di meja dengan mencatat masalah-masalah dan kemungkinan solusi yang bisa membantu.
Langkah 3 : Visualisasikan keputusan Anda

B. Anda adalah Pembuat Keputusan Otak Kanan Jika Anda.

• Cenderung banyak berkhayal
• Punya banyak instink
• Tidak suka mengikuti jadual yang sudah ditetapkan
• Senang mengerjakan proyek-proyek kreatif

Kekuatan Istimewa Anda
Riset menunjukkan, Anda lebih banyak menggunakan naluri dan instik Anda dibanding orang-orang lainnya. Spontan dan impulsif membuat hanya sedikit peluang yang lolos dari Anda karena Anda akan langsung melompat untuk menangkapnya.

Jebakan terselubung
Tanpa meluangkan cukup banyak waktu untuk mempertimbangkan secara cermat baik buruknya, Anda cenderung membuat keputusan yang tidak praktis untuk diri sendiri.

Cara membuat keputusan hebat
Langkah 1 : Jalan kaki, jalan-jalan dengan mobil
Beberapa studi menemukan, banyak orang mendapatkan kilasan pencerahan yang paling hebat ketika melakukan aktivitas rutin seperti ini.
Langkah 2 : Tidur. Jika Anda belum juga mendapatkan naluri tajam tentang sebuah keputusan, Anda mungkin perlu akses yang lebih baik ke otak kanan. Otak kanan sangat aktif ketika Anda tidur. Dan ketika bangun, Anda akan tahu keputusan mana yang terasa tepat untuk Anda.
Langkah 3 : Ucapkan tiga kata ajaib: "Akan saya pikirkan!"
Anda yang terbiasa menggunakan otak kanan, maka Anda terbiasa mengandalkan intuisi Anda. Tapi, kadang Anda menyesali keputusan-keputusan yang sudah diambil. Misalnya, ketika Anda membeli baju yang terlalu mahal. Untuk menghindari ini, beri kesempatan pada otak kiri Anda yang logis untuk berkata juga.

Cara mendapatkan keputusan terbaik setiap saat
Teleponlah salah seorang rekan yang menggunakan sisi otak yang berlawanan dengan Anda. Jika Anda termasuk orang dengan otak kanan, teleponlah rekan yang menggunakan otak kiri. Begitu juga sebaliknya. Lalu mintalah pendapat-pendapat mereka. Dengan cara ini, Anda akan mendapat input dari kedua sudut pandang dan mempunyai perlengkapan yang lebih baik untuk membuat keputusan yang tepat. (Sumber: Tabloid Aura 2003).
Akhir kata semoga tulisan ini dapat menambah wacana kita didalam membuat setiap keputusan hebat setiap saat. Doa saya semoga sukses menyertai kita semua, Amin 3x Ya Rabbal Alamin.

Sukses Untuk Kita yang Mau Berusaha,
Noflinda Eliza, SKM