21 Sep 2010

Kiat Mempertahankan Gairah Kerja

Apakah semangat Anda sering pudar saat melewati menit demi menit di kantor? Badan lesu, tak bergairah, mood kerja pun kacau? Sebenarnya, banyak cara sederhana yang bisa dilakukan dalam menanggulangi hilangnya semangat Anda di tempat kerja. Tapi seringkali Anda tak menyadari atau malas melakukannya. Nah, Anda yang seringkali kehilangan gairah dan semangat di kantor, coba simak cara-cara sederhana ini. Siapa tahu suasana badmood itu jadi berkurang dan bisa meningkatkan kualitas kerja dan performa Anda.

1. Istirahat
Saran yang klasik memang. Namun, jika Anda meluangkan waktu lima menit saja di tengah pekerjaan yang menumpuk, dapat memompa semangat Anda untuk kembali bekerja. Dalam waktu yang singkat itu, Anda bisa memejamkan mata sejenak dan membayangkan hal-hal yang menyenangkan.

2. Berbicara sejenak dengan rekan kerja
Berbicara sejenak dengan orang lain membuat otak dan mood Anda selalu siaga. Lagipula berbicara membutuhkan energi sehingga melenyapkan kantuk. Aktivitas ringan yang melibatkan interaksi dengan orang lain, membuat semangat Anda tetap utuh. Asal tidak kebablasan, mengapa tidak?

3. Sediakan cemilan
Sibuk bekerja, sekalipun hanya di depan komputer, cukup menyita pikiran dan energi Anda. Tanpa Anda sadari fisik Anda akan melemah. Wajar jika tiba-tiba Anda merasa lapar, apalagi jika Anda berada di ruangan dingin ber-AC. Nah tak ada salahnya jika Anda sediakan camilan di meja Anda. Jadi, jika suatu waktu perut Anda keroncongan, camilan bisa membantu mengatasinya asalkan tidak terus menerus. Mengunyah camilan juga bisa jadi ajang refreshing, agar Anda tak suntuk dan mengantuk. Tapi ada baiknya jika saat makan siang, jangan makan terlalu banyak karena akan membuat Anda mengantuk dan kehilangan konsentrasi.

4. Lakukan gerakan
Gerakan ringan seperti memutar kepala ke kiri kanan, jalan di tempat, memutar tubuh ke kiri dan kanan, bermanfaat mengembalikan mood Anda yang hilang. Tubuh terasa lebih segar dan semangat Anda pun kembali lagi.

5. Minum kopi
Minum kopi kurang dari tiga gelas sehari bisa mengatasi kantuk Anda. Kafein di dalamnya memperlambat proses kantuk di siang atau malam hari. Namun, cara ini disarankan untuk Anda yang memang terbiasa mengkonsumsi kopi. Jika tidak terbiasa, kopi bisa diganti susu atau energi drink lainnya.

6. Mendengarkan musik
Tak ada salahnya sebetulnya, jika sambil bekerja Anda mendengarkan musik kesukaan Anda. Karena musik diyakini dapat menambah semangat dan vitalitas Anda. Hanya mendengarkannya dengan volume yang tak mengganggu rekan lain.
Pada dasarnya, Anda harus berusaha agar semangat dan stamina Anda tetap terjaga. Jangan biarkan kelesuan mengganggu aktivitas Anda. Sesederhana apapun itu, jika dampaknya mampu mengembalikan kegairahan Anda, lakukanlah. Nah, sudahkan Anda melakukannya? Atau Anda punya cara lain? (sumber: astaga.com).
Baiklah, teman-teman semoga tulisan diatas dapat membuka wacana kita, bagaimana cara kita mempertahankan gairah kerja, sehingga kita dapat bekerja secara profesional & hasil dari pekerjaan kitapun memuaskan. Doa saya semoga sukses menyertai kita semua, Amin 3x Ya Rabbal Alamin.

Akhir kata semoga tulisan ini bermanfaat,
Noflinda Eliza, SKM